Pada pembahasan ini, saya akan membuat resume presentasi kelompok 2 yang membahas
tentang perilaku konsumen.
Perilaku konsumen yaitu suatu tindakan yang mendorong seseorang melakukan pemcarian,
pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
1. Faktor Sosial
2. Faktor Personal
3. Faktor Psikologis
4. Faktor Budaya
5. Keputusan Pembelian
Adapun beberapa perilaku konsumen Indonesia, yaitu :
1. Lebih menyukai merk luar negeri.
2. Gengsi.
3. Masih banyak konsumen Indonesia yang gaptek,
Contoh kasus yang dibahas oleh kelompok 2, yaitu tentang Pembelian Secara Online.
Tanggapan saya terhadap kasus ini yaitu, kita sebagai konsumen yang akan membeli barang
secara online harus lebih berhati-hati. Karena saat ini, sedang marak kasus cyber crime. Kita
harus mengetahui info lengkap dari si penjual tersebut. kita juga bisa melihat dari beberapa
testimony dari konsumen lain, agar meyakinkan kita, jika penjual tersebut dapat dipercaya. Itu
yang sering saya lakukan juga, saat saya membeli barang secara online.