Posted by : Zacky Mughni Mubarok
Rabu, 25 Desember 2013
ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA
A. ABSTRAK
A1.
DefinisiAbstrak
Menurut American National Standards
Institute (1979), definisiabstrakadalahrepresentasidariisidokumen yang
singkatdantepat.
Abstrakmerupakanbentukringkasdariisisuatudokumen
yang terdiriatasbagian-bagianpentingdarisuatutulisan,
danmendeskripsikanisidancakupandaritulisan
Duakonseputamadalammembuatabstrak:
1.
Conciseness
2.
Significance
Fungsi / Tujuanabstrak:
·
Current
awareness:
memudahkanparapembacauntukmendapatkaninformasiterbarutentangsuatubidang yang
diminati, tanpaharusmembacaseluruhisidokumen
·
Menghematwaktupembaca
·
Menghindariterjadiduplikasitulisan
·
Keyword
: memudahkandalampenyimpanansecaraelektronis
A2. Isi Abstrak
Tujuan (Purpose)
·
Alasanpenulis
·
Ide
utama (main idea) daripenulis
Cakupan (Scope)
·
Fokusmateripenulis
·
Konsentrasimateridaripenulis
Metode (Method)
·
Jenis-jenistemuan
yang ditampilkanpenulis
·
Carapenulismeyakinkanpembacatentangvaliditasdari
ide utamanya
Hasil (result)
·
Konsekuensidaripermasalahanatauisu
yang didiskusikanpenulis
Rekomendasi (recommendations)
·
Solusiygditawarkanpenulis
·
Penulismerekomendasikanperubahanatauaksitertentu
Kesimpulan (conclusions)
·
Penulismenggambarkanhubungan
“cause & effect”
·
Kesimpulan
yang dibuatolehpenulisdaristudi yang dilakukannya
A3. TipeAbstrak
- Descriptive Abstract
- Berisiinformasi yang terdapatpadatulisan
- Berisikantujuan, metode, dancakupandaritulisan
- Tidakmencakuphasil, kesimpulandanrekomendasi
- Biasanyasangatpendek
- Memperkenalkankepadapembacatentangsubjekdaritulisan
- Informative abstract
- merupakansubstitusidaridokumen
- Berisispesifikinformasidaritulisan
- versi miniature daridokumen
yang mencakuptujuan, metode, cakupan, hasil,
kesimpulandanrekomendasidaritulisan
- Pendek, biasanya 10 %
daripanjangtulisan
- Biasanyadigunakandalamlaporanpenelitian
A4. Abstrak Yang Baik
- Menggunakansatuataubeberapaparagrap
yang baik, merupakansatukesatuan (unified), koheren, concise
dandapatberdirisendiri (able to stand alone)
- Mengikutikronologisdaritulisan
- Adanyatransisisecaralogikadiantarainformasi yang
diberikan
- Tidakmenambahkaninformasibaru,
hanyameringkaslaporan/tulisan
- Dapatdimengertiolehbanyakpembaca
A5. LangkahPembuatanAbstrak
- Baca ulangartikel, paper ataulaporan
- Lihatsecaraspesifikbagian-bagianutamadaritulisan:tujuan,
metode, cakupan, hasil, kesimpulan, danrekomendasi
- Gunakan heading, outline
dandaftarisisebagaibantuanuntukmenulisabstrak
- Jikamenulisabstrakdaritulisan
orang lain, bagianpendahuluandankesimpulanmerupakantempat yang
baikuntukmemulai. Biasanyamencakupapa yang ditekankan (main idea)
daritulisantsb.
- Tulis Draft Kasar,
tanpamelihattulisanlagi
- Janganhanyamengkopikalimatkuncidaritulisan:
Andaakanmendapatkaninformasi yang terlalubanyakatauinformasi yang
terlalusedikit.
- Buatringkasaninformasidenganbahasasendiri
- Revisi Draft Kasartersebutdengan:
- Membetulkankesalahanstrukturnya
- Tingkatkantransisidari point satuke point
lainnya
- Buanginformasi yang tidakberguna
- Tambahkaninformasi yang tertinggal
- Hilangkan kata-kata yang tidakperlu
- Betulkankesalahanejaan, grammar, dsb.
- Cetakdanbacalagi
B. DAFTAR PUSTAKA
B1. DefinisiDaftarPustaka
DaftarpustakamenurutKamusBesarBahasa
Indonesia (KBBI) adalahdaftar yangmencantmkanjudulbuku, namapengarang,
penerbitdsb yang
ditempatkanpadabagianakhirsuatukaranganataubkudandisusunberdasarkanabjad.
Daftarsendirididefinisikansebagaicatatansejumlahnamaatauhal yang
disususnberderetdariataskebawah.
Daftarpustakajugabisadidefinisikansebagaihalaman
yang berisidaftarsumber-sumberreferensi yang
kitapakaiuntuksuatutulisanataupunkaryatulisilmiah.DaftarPustakabiasanyaberisijudulbuku-buku,
artikel-artikel, danbahan-bahanpenerbitanlainnya, yang
mempunyaipertaliandengansebuahkarangan (contohnya: thesis).
B2.
JenisDaftarPustaka
a. Kelompok Textbook
·
PenulisanPerorangan
·
Kumpulan
karanganbeberapapenulisdengan editor
·
Buku
yang ditulisataudibuatolehlembaga
·
Bukuterjemahan
b. KelompokJurnal
·
Artikel
yang disusunolehpenulis
·
Artikel
yang disusunolehlembaga
·
Kelompokmakalah
yang dipresentasikandalam seminar / konferensi / simposium
c. Kelompokdisertasi / tesis
d. Kelompokmakalah / Informasi Internet
B3.
PenggunaanDaftarPustaka
Dalampenulisandaftarpustakakitajugaharusmemperhatikanhal-halberikutini.Daftarpustakadisusunberdasarkanurutanalfabet,
berturut-turutdariataskebawah, tanpamenggunakanangkaarab (1,2,3,
danseterusnya).
Cara
penulisanDaftarPustaka:
1.
Tulisnamapengarang
(namapengarangbagianbelakangditulisterlebihdahulu, barunamadepan
2.
Tulislahtahunterbitbuku.
Setelahtahunterbitdiberitandatitik (.)
3.
Tulislahjudulbuku
(dengandiberigarisbawahataucetak miring). Setelahjudulbukudiberitandatitik (.)
4.
Tulislahkotaterbitdannamapenerbitnya.
Diantarakeduabagianitudiberitandatitikdua (:). Setelahnamapenerbitdiberitandatitik
5.
Apabiladigunakanduasumberpustakaataulebih
yang samapengarangnya, makasumberdirilisdaribuku yang lebihdahuluterbit,
barubuku yang terbitkemudian. Di antarakeduasumberpustakaitudibutuhkantandagarispanjang.
B4.FungsiDaftarPustaka
Fungsidaridaftarpustakaadalahuntukmemberikanarahbagiparapembacabukuataukaryatulis
yang inginmeneruskankajianatauuntukmelakukanpengecekanulangterhadapkaryatulis
yang bersangkutan.Daftarpustakajugaberfungsiuntukmemberikanapresiasiataupenghargaanterhadappenulisbukuataukaryatulis
yang dirujukterhadaphasilkaryanya yang turutmenyumbangperanandalampenulisankaryatulis
yang kitatulis. Dan fungsilaindaftarpustaka yang
takkalahpentingadalahmenjagaprofesionalitaskita
(jikakitasebagaiseorangpenuliskaryatulis) terhadaptulisan yang kitabuat.