Posted by : Zacky Mughni Mubarok Rabu, 25 Desember 2013

Tidak semua orang membutuhkan bantuan seseorang untuk menyelesaikan masalahnya sendiri atau tugasnya untuk kepentingan pendidikan, jika kalian adalah orang yang sering menyelesaikan masalahnya sendiri atau tugas-tugasnya dalam dunia pendidikan atau Belajar tanpa bimbingan seseorang maka bisa dikatakan orang itu adalah orang otodidak.

kata otodidak berasal dari bahasa Yunani yaitu autodidaktos yang artinya belajar sendiri. orang otodidak tidak membutuhkan figur seorang pembimbing untuk mempelajari satu hal. tanpa bantuan dari orang lain orang otodidak mampu mempelajari hal-hal dasar dari ilmu yang sedang mereka pelajari. yang menariknya dari orang otodidak, karena mereka mampu mempelajari sesuatu dengan baik dan dibarengi oleh prakteknya, sebagian dari mereka mampu mengungguli kemampuan orang yang belajar ilmu yang sama dengan cara dibimbing.

Bidang yang biasanya dihuni oleh orang otodidak yaitu Bidang Seni, Sastra, Kerajinan tangan, Bermain Musik, Berakting dan beberapa bidang yang tidak bisa dilakukan oleh lebih dari satu orang atau sulit untuk ditiru seseorang.

Orang yang memiliki sifat Otodidak ini merupakan orang yang sangat luar biasa apalagi sampai bisa menyelesaikan tugas temannya tanpa bantuan apapun (tidak terkecuali bantuan makanan atau jajan), tapi tahukah kalian orang yang memiliki sifat Otodidak ini memiliki banyak kesalahan pada proses belajarnya ini dikarenakan tidak mendapatkan bimbingan oleh orang lain. namun orang yang memiliki sifat Otodidak ini akan mempelajari semua prosesnya mengapa kesalahan itu bisa terjadi dan mereka akan mencoba akan kesalahan itu tidak terjadi dan pada akhirnya mereka tidak masuk dalam kesalahan yang sama pada awal belajarnya.

Ciri-Ciri orang Otodidak

Berikut merupakan ciri-ciri khas dan pasti akan terjadi tanpa disadari oleh pelakunya sendiri.

1. Terbuka

Orang yang bersifat terbuka tidak memilih-milih siapa orangnya entah itu si A atau si B orang yang memiliki sifat Terbuka ini cenderung ingin mencoba beberapa hal yang baru, misalkan kamu diminta bantuan untuk membuat sebuah karya seni seseorang namun kamu tidak begitu paham membuat karya seni lama-kelamaan orang ini akan mempelajari apa yang diberikan oleh temannya.

2. Rasa ingin tahunya besar

Orang yang bersifat otodidak memiliki rasa ingin tahu yang lumayan besar berbeda dengan orang lainnya, seolah-olah mereka ingin tahu apa saja yang ada didalamnya dan mencari tantangan baru untuk menambah pemikirannya.

3. Kreatif

Kreatifitas orang otodidak sangat besar maka tidak dipungkiri orang yang ahli dalam seni ataupun sejenisnya memiliki sifat Otodidak.

4. Rela Berkorban untuk hal yang disukai

Orang otodidak memiliki rasa Rela Berkoban yang sangat besar jika diberikan sesuatu yang mereka sukai bahkan mereka tidak menghiraukan apa saja yang berusaha untuk menghentikan langkahnya untuk Rela Berkorban.

Ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri umum orang Otodidak, tidak semua orang otodidak mempunyai ciri-ciri yang diatas namun jika kalian mempunyai sifat otodidak maka bersyukurlah kepada Tuhan karena berkatNya lah kalian lahir dengan sifat Otodidak.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Total Pengunjung

Zacky Mughni. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

- Copyright © Zackyy -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -